Cara Memanfaatkan Facebook untuk Bisnis Online (Sebuah Pengantar Dasar)

Info Absurditas Kata
0
Desa Mulyasari (Karawang) - Perkembangan teknologi internet yang sangat pesat salah satunya bisa dimanfaatkan untuk memulai usaha bisnis online. Anda bisa melakukannya dengan cara memanfaatkan media sosial untuk bisnis online.

Media sosial untuk bisnis online yang saya maksud sangat banyak, akan tetapi kita batasi saja pada medsos populer seperti Faceook, Instagram, Twitter, dan Youtube. Pembatasan ini dilakukan karena medsos tersebut memiliki user/pengguna yang sangat banyak untuk dijadikan target pasar.

Cara Jualan Online Pakai Media Sosial

Dalam artikel ini saya tidak akan langsung membahas secara terperinci, saya hanya akan memberikan bayangan umum yang diharapkan bisa memberi gambaran atau ide dasar tentang bagaimana memulai bisnis online mamakai media sosial.

Keuntungan berjualan atau bisnis online di media sosial adalah sifanya yang portable dan mobile. Anda tidak perlu nongkrongin komputer seharian, tidak perlu punya kantor. anda bisa terus memasarkan produk selama 24 jam di manapun berada. Enak banget kan?

Berjualan Modal Facebook

Nyaris sebagian besar orang-orang di sekitar Anda sudah memiliki akun Facebook. Selain sebagai media untuk bergaul, ternyata Facebook juga ampuh dijadikan sebagai tempat jualan. Caranya sangat gampang, Anda bisa memakai Facebook pribadi sebagai toko atau membuat halaman khusus di Facebook untuk dijadikan toko. Saya anjurkan yang kedua, yaitu membuat halaman khusus (Faceboook Fanpage) untuk jualan.

Cara Jualan Online di Facebook
Berjualan di Facebook secara umum bisa Anda lakukan dengan menempuh cara-cara sebagai berikut:
  • Punya gadget yang terkoneksi ke internet
  • Buat akun Facebook untuk berjualan
  • Cari teman Facebook sebanyak-banyaknya (cari yang sesuai dengan target pasar)
  • Unggah foto-foto produk ke Facebook
  • Bagikan produk Anda ke teman Facebook (secara bijaksana ya, jangan sampai pengguna Facebook merasa terganggu dengan produk-produk Anda)
  • Berikan pelayanan yang ramah, responsif, dan ikhlas
  • Eksekusi semua transaksi dengan cepat, kemas produk secantik mungkin
  • Berterima kasih kepada konsumen dan jangan lupa meminta mereka memberika review/testimoni untuk produk Anda
7 Langkah Berjualan di Facebook yang saya tulis di atas, sekiranya cukup untuk dijadikan dasar buat Anda yang ingin memulai bisnis online di media sosial. Langkah di atas juga bisa Anda terapkan pada media sosial lain seperti Instagram dan Twitter. Adapun Youtube lebih sulit karena dibutuhkan koneksi data dan kepiawan editing video agar produk Anda tampil menawan. Semoga di lain kesempatan saya ingat untuk membahas bagaimana Menggunakan Instagram sebagai Toko Online dan Cara Bisnis Online di Twitter.


Desa Mulyasari, Karawang

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang mungkin sedang bingung mengenai bagaimana cara memulai bisnis online di Facebook.
Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)