Potensi Komunitas Anak Muda Karawang Belum Mendapat Perhatian yang Baik

Info Absurditas Kata
0
Desa Mulyasari, Karawang (KarawangInfo) - Organisasi dan komunitas yang ada di Karawang pada umumnya, kelompok atau komunitas khususnya yang berisi kaum muda masih belum mendapatkan ruang perhatian yang baik dari pemerintah. Kehadiran berbagai komunitas anak muda di Karawang belum mampu dipandang sebagai potensi ekonomi.

Berdasarkan pergerakannya jumlahnya diperkirakan lebih dari 500 bahkan ribuan jika dihitung dari komunitas terkecil yang berisikan 2-3 orang. Diantara komunitas-komunitas yang ada, terutama yang bersifat non profit, sebut saja komunitas-komunitas sepeda, komunitas motor, komunitas penggemar klub sepakbola, komunitas blogger, fotografi, dsb. 

Banyak di antara komunitas yang ada di Karawang yang telah mengharumkan nama Kabupaten Karawang. Hebatnya, mereka rata-rata melakukannya tanpa ‘proposal ke Pemkab’ – mereka berkontribusi dengan ikhlas.

Sebagai contoh terdekat adalah komunitas yang saya ikuti, yakni komunitas yang anggotanya hobi ngeblog yakni Komunitas Blogger Karawang (Blogkar), dimana beberapa waktu lalu mengukir prestasi yakni memenangkan Kontes SEO (Pengoptimalan Mesin pencari) tingkat Nasional yang diselenggarakan Blogger Bekasi, di mana pada urutan pertama dan kedua dimenangkan oleh dua orang blogger dari Karawang. 

Selain Blogger Karawang, kita juga bisa melihat bagaimana kontribusi positif dari komunitas sepeda dan motor misalnya, ketika mereka melakukan touring ke berbagai kota, mereka tentunya membawa nama Karawang dan ketika melakukan aksi sosial di daerah lain, tentu saja nama Karawang pun terbawa.

Dari fakta di atas, saya memandang bahwa sudah seharunya potensi ini diapresiasi dengan baik, oleh pemerintah maupun oleh para pengelola/anggota komunitas sendiri, dengan tentunya tetap menjaga nilai-nilai independen dan ciri khas komunitas masing-masing. Keberadaan komunitas terutama yang selama ini dianggap ‘ilegal’ harus dipandang sebagai sesuatu yang positif, tidak hanya melihat sisi negatifnya saja.

Sumber: KarawangInfo
Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)