Saya Ingin Melakukan Bisnis Online Bagaimana Caranya?

Info Absurditas Kata
0
Desa Mulyasari (Karawang) - Bisnis online kian hari memang kian kokok eksistensinya, bahkan telah berhasil mengantarkan seseorang pada kesuksesannya masing-masing. Pertumbuhan pesat bisnis online membuat banyak orang ingin terjun ke bisnis digital ini. Bagaimana dengan Anda?

Ada banyak langkah yang bisa dimulai sebagai awal untuk berbisnis online. Namun sebelumnya saya ingatkan yang saya maksud sebagai bisnis online tidak sebatas punya toko online. melainkan semua usaha yang dilakukan dengan berbasis pada teknologi internet. Kara yang namanya berbisnis di dunia digital ini sangat luas sekali tidak sekadar jual-beli produk.

Langkah Pertama Memulai Bisnis Online

Meskipun bisnis online ini cakupannya luas, kita batasi saja pada pengertian jual-beli produk secara online. Sehingga bagi Anda yang ingin ikutan nyemplung di dunia bisnis online bisa lebih mudah ikutan.

Cara memulai bisnis online bisa dilakukan dengan dua cara, pertama melalui media sosial yang sudah sering Anda gunakan sehari-sehari, misalnya memakai Facebook, Twitter, Instagram, Youtube dan media sosial lainnya.

Berikutnya kalau yang memiliki pengetahuan lebih tentang TIK, bisa dilengkapi juga dengan memadukannya bersama website/laman/blog. Karena ketika keduanya dikombinasikan maka Anda telah memiliki banyak modal untuk melakukan bisnis online.

Prasyarat Bisnis Online

  • Punya produk berupa barang atau jasa yang akan dipasarkan
  • Punya storage/gudang penyimpanan
  • Punya target pasar 
  • Punya senjata pemasaran
  • Punya tim ekspedisi (pengiriman barang)

Semua prsayarat itu sudah Anda miliki, bila Anda tidak memiliki produk sendiri Anda bisa menjual produk sahabat atau menjadi re-seller. Anda tidak mengeluarkan modal besar, tidak perlu memikirkan biaya produksi, Anda hanya perlu menjual produk itu dengan harga bersaing tapi masih menguntungkan.

Storage/gudang yang saya maksud adalah gudang online. Media Sosial seperti Facebook, Instagram, youtube, dan lainnya bisa Anda jadikan sebagai gudang tempat menyimpan semua produk/jasa Anda. Bahkan gudang online ini juga bisa difungsikan sebagai etalase sekaligus senjata pemasaran.

Target pasar dan cara pemasaran ini penting, kalau target pasar keliru produk Anda kemungkinan besar akan sepi pembeli. Sebelum menjual suatu produk ketahui terlebih dahulu produk itu akan dikonsumsi oleh siapa? Ketepatan dalam menganalisa target pasar itulah yang akan memudahkan penjualan produk.

Senjata pemasaran di dunia bisnis online juga sudah Anda miliki loh. Anda tidak perlu membayar orang untuk menjadi marketing. Anda hanya perlu melakukan promosi di media sosial yang setiap hari dipakai. Unggah produk/jasa Anda di media sosial, pasarkan ke orang yang tepat, dan nikmati derasnya pembeli yang menghubungi Anda.

Berkaitan dengan tim ekspedisi, Anda juga sudah memiliki tim tersebut, yakni dengan memanfaatkan jasa ekspedisi yang sudah banyak tersedia mulai dari PT Pos, JNE, Tiki, Wahana, Pandu Logistik dan sebagainya.

desa mulyasari, karawang

Nah, pertanyaan saya sekarang, kapan Anda akan memulai bisnis online Anda sendiri? Kalau tidak mulai action sekarang, kapan lagi?
Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)