Pesona Batik Tarum dan Batik Tarawang, Batik Khas Karawang

Info Absurditas Kata
0
mulyasari-karawang.desa.id
Desa Mulyasari, Karawang (UMKM Karawang) - Apakah Anda pernah mendengar Batik Tarawang atau Batik Tarum? Kedua jenis kain batik tersebut merupakan batik yang berasal dari Karawang. 

Sejarah awal batik Karawang sepertinya masih menjadi misteri ada yang menulis dimulai tahun 1880 ada juga tahun 1928. Adakah pelaku usaha di Karawang yang memproduksi Batik Tarawang dan Batik Tarum, batik yang bermotif khas Karawang?

Dari informasi yang di dapat tim Ukmkarawang, ada pelaku usaha yang sampai saat ini masih memproduksi motif batik karawang, yaitu "Rumah Kreasi Taza (Bale Batik Taza)" yang di miliki oleh Ibu Hj. Istiqomah yang terletak di dekat alun-alun Karawang. 

Rumah kreasi ini sudah di mulai dari tahun 2008 , walaupun untuk membuat batik khas karawang ini di mulai pada tahun 2011. Dikarenakan masih susah tenaga kerja untuk membuat batiknya. Saat ini rumah kreasi ini baru bisa membuat batik cap khas Karawang, untuk batik tulis belum ada yang bisa membatiknya. Walaupun batik cap , proses membatiknya masih manual bukan batik cap pabrik. Jadi untuk kualitas bisa lebih baik.

Sudah banyak motif batik baru yang di padukan dengan kearifan lokal Karawang di antaranya: motif panen raya, motif citarum, motif cigentis, cere bulu dan motif pare sagedeng. Ada sekitar 16 motif batik khas Karawang. Sedangkan harga yang di tawarkan kisaran harga dari Rp 120.000,-/lembar sampai Rp 250.000,-/lembar. Harga tergantung motif batik, macam kain dan banyaknya warna.

Pemasarannya sendiri saat ini baru dari mulut ke mulut -kepuasan pelanggan- dan pameran-pameran yang diadakan oleh dinas-dinas terkait di Karawang. Ada juga pesanan motif khusus yang biasanya di pakai untuk seragam dinas-dinas atau perusahaan tertentu.

Jika anda tertarik untuk memakai Motif Batik Karawang atau berkeinginan membuat serragam dari batik silahkan langsung saja ke alamat ini :

RUMAH KREASI TAZA (BALE BATIK TAZA)
Kaum I Jalan KH. Ahmad Dalan No. 20
Kelurahan Karawang Kulon, Karawang Barat.

Sumber: UkmKarawang
Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)