Teknologi Informasi untuk Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UMKM)

Info Absurditas Kata
0
Desa Mulyasari (Karawang) - Peran teknolodi informasi tidak bisa tidak, hari ini sudah menjadi bagian dari dunia wirausaha, termasuk di bidang UMKM. Teknologi informasi juga menjadi salah satu faktor kunci dalam membangun wirausaha UMKM yang sukses. Sudah banyak usaha yang diuntungkan oleh perkembangan teknologi informasi saat ini.
Contoh wirausaha yang sukses dengan memaksimalkan peran teknologi informasi misalnya Radja Cendol miliknya Danu Sofwan. Dalam waktu kurang dari 9 bulan, ia telah membuka sekitar 190 outlet kemitraan Radja Cendol di seluruh Indonesia. Kesuksesannya bisnis kuliner itu ternyaa didukung oleh teknologi informasi. 

"Sekitar 75%-85% dari mitra yang bekerja sama dengan kami mengetahui informasi tentang Radja Cendol dari website dan media sosial," Ucap Danu Sofwan yang berhasil membangun wirausahanya dengan berbekal teknologi informasi.

Ia sangat memerhatikan bagaimana kehadiran bisnis yang dijalankannya di setiap media di Internet, mulai dari menyusun konten apa saja yang akan ditampilkan, hingga bagaimana tata bahasa yang dilakukan untuk menyasar target pasar tertentu.

"Ini juga untuk menunjukkan bahwa kami eksis dan selalu update, sehingga konsumen percaya terhadap semua produk dan layanan yang kami berikan," katanya.

Pelaku wirausaha lain yang sukses membesarkan bisnisnya berbekal teknologi informasi adalah adalah Diajeng Lestari, pendiri dan pemilik Hijup.com, online store hijab pertama di dunia. Menurut Diajeng hal penting yang harus dibangun untuk membangun wirausaha sukses dengan teknologi informasi adalah menjaga kepercayaan konsumen.

Informasi Desa Mulyasari

"Kepercayaan menjadi salah satu poin penting untuk menjalankan bisnis online, bagaimana kita bisa terus menambah calon konsumen baru sekaligus tetap mengelola konsumen yang sudah ada," paparnya. (Sumber informasi UMKM Desa: Depkop.go.id)
Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)