Alat-Alat Hidroponik dan Fungsinya yang Harus Diketahui oleh Pemula

Info Absurditas Kata
0
Desa Mulyasari (Karawang) - Peralatan/perlengkapan hidroponik ini sangat banyak, mulai dari yang murah sampai dengan yang mahal, mulai dari yang sederhana sampai rumit. Bagi pemula tentu semua itu membingungkan.

Supaya tidak bingung, mari kita berkenalan dengan peralatan hidroponik untuk pemula. Perkenalan alat hidroponik ini sifatnya secara umum saja ya. Mari kita mulai.

Fungsi-Fungsi Alat Hidroponik

Kalau harus dikategorikan, saya membuat beberapa kategori di bawah ini tapi kategori ini tidak berdasarkan studi tertentu, hanya berdasarkan pengalaman pribadi penulis. Anda bisa mengkategorikannya sendiri.

Peralatan Fertigasi Hidroponik
Selang HDPE 
Keunggulan selang HPDE ini adalah keawetan untuk dibiarkan terkena sinar matahari secara langsung, tidak mudah mengerut atau bocor karena cukup tebal.


Stick Dripper
Pengaturan tetesan nutrisi dilakukan dengan menggunakan dripper. Ada aneka macam dripper yang biasa digunakan, mulai dari stick dripper, adjustable/rotate dripper, dan manual dripper.

Micro T Hidroponik
Alat hidroponik ini sangat kecil tapi fungsinya luar biasa. Micro T digunakan untuk membagi saluran nutrisi ke dua arah berbeda, biasanya digunakan sepaket dengan selang HDPE yang seukuran.

Nepel Hidroponik
Nepel merupakan sambungan selang HDPE dan pipa PVC. Pompa air yang mengirim nutirisi ke pipa akan dibagikan ke selang HDPE yang terhubung dengan nepel. Keunggulan nepel hidroponik ini karena memiliki ulir sehingga bisa menempel lebih kuat. Meskipun pada kenyataannya tetap saja butuh lem paralon.

Alat Sambung Selang HDPE
Alat sambung selang HDPE ini banyak jenisnya, selain Micro T, nepel, masih banyak alat sambung lainnya. Misalnya

Pupuk dan Nutrisi Hidroponik
Pupuk dan Nutrisi
Dalam kategori pupuk dan benih saya memaksudkan semua bahan yang dipakai untuk memberikan nutrisi pada tanaman hidroponik, yang paling terkenal adalah AB Mix.


Peralatan Mesin Hidroponik
Mesin bor tangan
Mesin bor digunakan untuk membuat instalasi hidroponik yaitu pada proses pelobangan. Lobang yang dihasilkan dengan cara pengeboran jauh lebih rapi dan waktu yang dibutuhkan pun sangat cepat.

Mata bor holesaw
Holesaw hidorponik merupakan alat yang tidak bisa dipisahkan dari mesin bor tangan listrik. Pelobangan di atas tidak bisa bekerja bila mesin bor tidak dilengkapi dengan holesaw kecuali begitupun sebaliknya, kecuali Anda memakai holesaw manual.

Pompa air hidroponik
Pompa air sangat dibutuhkan untuk mengatur sistem penyaluran nutrisi ke instalasi hidroponik. Air yang berisi nutrisi dari penampungan diangkat memakai pompa air hidroponik dan dibagikan secara merata ke tanaman hidroponik.

Peralatan Dasar Hidroponik
Pipa PVC/Paralon
Pipa yang digunakan untuk hidroponik sifatnya bervariasi, ukuran tidak menjadi patokan, Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan begitupun. Saya sarankan gunakan pipa yang tahan lama dan kuat untuk terkena sinar matahari langsung. Ketika memakai paralon pastikan Anda menyiapkan alat dan bahan lain yang berhubungan seperti lem pipa PVC, penutup paralon, sambungan T, sambungan L, dan sebagainya.

Botol Bekas
Bila Anda tidak pipa PVC, botol bekas bisa dijadikan alternatif untuk membuat instalasi hidroponik. Biasanya botol bekas digunakan sebagai instalasi hidroponik sistem sumbu atau instalasi hidroponik sistem tetes.

Netpot (Pot Hidroponik)
Merupakan pot kecil yang digunakan untuk menyimpan tanaman di dalam instalasi hidroponik. Selain netpot produksi pabrik, Anda bisa membuat netpot dengan memakai gelas plasti bekas tanpa keluar biaya alias gratis, fungsinya sama saja kok.

Kain Flanel
Kain flanel digunakan sebagai sumbu yang berfungsi untuk menyerap air nutrisi ke tanaman. Kain ini pada umumnya banyak digunakan karena memiliki daya serap air yang sangat baik.

Perlengkapan Media Tanam
Arang Sekam
Media tanam hidroponik yang dibuat memakai sekam yang dibakar. Arang sekam yang dihasilkan sangat bagus untuk bertanam hidroponik.

Cocopeat
Cocopeat (serbuk kelapa) berasal dari kulit buah kelapa yang sudah tua. Bahan ini berserat banyak, ringan, tidak menempel pada pot, dan mudah pemeliharaannya. Keunggulan lainnya adalah mudah mengikat dan menyimpan air, mengandung unsur-unsur hara yang diperlukan tanaman dan mudah diperoleh dalam jumlah banyak.

Hidrotone
Hydroton adalah Media tanam hidroponik yang terbuat dari hasil pembakaran tanah liat dalam suhu tinggi. bentuknya berupa bola-bola kecil kira-kira seukuran kelereng.Fotonya bisa anda lihat di atas.

Rockwool
Rockwool adalah media tanam hidroponik yang umumnya terbuat dari kombinasi batuan basalt,batu batu kapur dan batu baru yang dipanaskan dengan suhu yang tinggi. Bentuknya seperti serabut-serabut halus.

Perlite dan Vermiculite
Perlite dan Vermiculite merupakan lapisan mineral silica yang telah mengalami proses pemanasan pada suhu tinggi. Pemanasan tersebut telah mengakibatkan mineral mengalami pengembangan seperti pada jagung (pop corn) . Hasilnya adalah bahan yang steril porositas tinggi yang mampu menyerap air dalam jumlah banyak dengan cepat serta mudah dikeringkan secara cepat. Vermiculite digunakan untuk meningkatkan volume, drainase dan aerasi dari media perakaran. Selain itu vermiculite juga tahan terhadap proses pengompakan selama proses pertumbuhan stek atau semai. Media ini masih tergolong jarang orang menggunakannya dan harga juga masih mahal.

Trai Semai
Trai semai merupakan alat untu melakukan penyemaian bibit/benih hidroponik. Alat ini bervariasi ada yang lubang bulat ada juga yang persegi empat, jumlahnya lubangnya juga bervariasi.

Supaya lebih jelas silakan lihat dalam tayangan Video Perkenalan Alat-Alat Hidroponik dan Fungsinya yang telah disematkan di bawah ini. Jangan lupa ya berlangganan canel kita Desa Mulyasari.



Sekian alat-alat hidroponik untuk pemula ini saya bagikan, bila ada yang kurang silakan tambahkan di kolom komentar. Gambar dan video lengkap menyusul ya :D
Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)