Cara Memakai Nutrisi Hidroponik AB Mix Sayur dan Buah

Desa Mulyasari
0
Desa Mulyasari (Karawang) - Nutrisi hidroponik AB Mix merupakan nutrisi hidroponik yang populer digunakan untuk budidaya hidroponik. Jenis pupuk AB Mix itu sendiri bervariasi, ada yang khusus untuk sayur daun, buah, dan sebagainya.

Keunggulan nutrisi hidroponik AB Mix ini adalah kelengkapan unsur hara. Kebutuhan hara tanaman terpenuhi dalam nutrisi AB Mix baik yang mikro maupun makro.

Cara Pakai Nutrisi AB Mix Hidroponik

Nutrisi AB Mix hidroponik bisa kita dapatkan dengan mudah di sekitar, terutama di toko pertanian. Harga pupuk AB Mix ini untuk ukuran 250 gram hanya Rp. 20.000 saja. Untuk ukuran 1 Kg harganya sekitar 80 ribu rupiah.

Dari nutrisi AB Mix (kita ambil contoh yang 250 gram) kita bisa membuat pekatan sebanyak 500ml pupuk. Dan larutan sebanyak 500ml tersebut bisa kita gunakan lagi untuk dicampurkan dengan air sebanyak 100 liter air (bila setiap 1 liter diberi 5ml pekatan).

desa mulyasari, karawang

Bagaimana Memakai Nutrisi AB Mix Hidroponik
Cara memakai nutrisi AB Mix hidroponik sangat sederhana. Bila Anda membelinya dalam bentuk serbuk biasanya akan terdapat 2 bungkus serbuk nurisi, yaitu Nutrisi A dan Nutrisi B. Biasanya sudah diberi tanda A dan B oleh penjual. Nutrisi B biasanya dilengkapi unsur mikro yang dibutuhkan tanaman. Cara memakai pupuk AB Mix hidroponik adalah sebagai berikut:
  • Larutkan nurtisi A dan nutrisi B di dalam botol yang berbeda sesuai takaran, 
  • Larutkan serbuk nutrisi tersebut sampai larut sempurna
  • Simpan di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung
  • Nutrisi siap digunakan
desa mulyasari, karawang

Tutorial lengkap cara pakai nutrisi AB Mix hidroponik bisa Anda lihat di video yang sematkan di bawah ini. Jangan lupa ya berlangganan canel kita, Desa Mulyasari. Selamat menyaksikan :)


Sekadar catatan tambahan, saya akan sampaikan juga kekurangan dan kelebihan pupuk AB Mix hidroponik ini. Keunggulannya dalah kelengkapan unsur hara yang dibutuhkan tanaman. Kekurangannya yaitu dapat meyebabkan tanaman terbakar bila diberikan pada tanaman dalam dosis yang terlalu banyak (berlebihan). Selain itu pupuk AB Mix hidroponik ini harus disesuaikan dengan jenis tanaman, apakah untuk sayur daun, buah, atau lainnya.

desa mulyasari, karawang

Semoga uraian singkat dan video di atas bisa memberikan gambaran yang cukup jelas mengenai bagaimana memakai pupuk/nutrisi AB Mix hidroponik
Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)