Memanfaatkan Media Sosial Sebagai Gudang Online untuk Bisnis UKM/UMKM

Info Absurditas Kata
0
Desa Mulyasari (Karawang) - Sekarang saya akan berbagi tentang cara memanfaatkan media sosial untuk pelaku wirausaha UKM/UMKM. Semoga menginspirasi, semoga memotivasi bisnis Anda.

Perkembangan teknologi internet yang semakin canggih sudah seharusnya mendorong para pelaku wirausaha untuk memanfaatkan teknologi tersebut demi kepentingan dan kemajuan bisnisnya baik itu untuk skala UKM/UMKM telebih untuk bisnis yang lebih besar.

Bagi Anda para pelaku UKM/UMKM, salah satu manfaat nyata dari internet adalah membuat database/gudang online di medsos. Dalam pemasaran konvensional, gudang biasanya berupa ruang yang di dalamnya produk-produk disimpan. Begitupun halnya dalam dunia digital gudang berupa storage atau wadah yang di dalamnya Anda bisa menyimpan berbagai produk (identitas/gambar produk) yang nanti bisa dipasarkan secara online (digital) juga.

Memanfaatkan Medsos untuk Gudang Bisnis Online UKM/UMKM

Bagaimana cara membuat gudang secara online? Gampang! Anda tidak perlu membayar biaya khusus untuk menyewa tempat, kita bisa memanfaatkan layanan gratisan yang banyak tersedia. Salah satunya melalui layanan media sosial yang sudah tidak asing lagi, yakni Facebook.

Bila selama ini Anda hanya memakai Facebook untuk hal-hal yang sifatnya interaksi sosial, kenapa tidak memanfaatkannya untuk kepentingan bisnis? Selain Facebook Anda juga bisa membuat blog gratis (di blogspot.com atau wordpress.com atau blog lain yang juga gratis) untuk dijadikan gudang.

Langkah-langkah Pembuatan Gudang Online di Facebook

  • Langkah-langkah yang harus dilakukan cukup sederhana, Anda hanya perlu mengunggah data produk Anda ke media sosial baik itu berupa foto maupun video. Simpan semua data produk itu di medsos, sehingga di kemudian hari Anda bisa memasarkannya secara digital dengan sangat mudah.
  • Buat kemasan yang menarik, unggah foto-foto produk secara kreatif, jangan sekadar foto yang ala kadarnya, tambahkan keterangan produk, harga, cara pembelian dan informasi lainnya yang dibutuhkan konsumen.
  • Sebarkan katalog produk tersebut ke sahabat-sahabat Anda di medsos. 
desa mulyasari karawang

Sebagai bahan pembelajarna silakan baca tulisan saya Cara Membuat Foto Produk yang Ganteng Maksimal. Sekarang, mulailah bertindak, pencapai besar dimulai dari hal-hal sederhana. Salahsatunya adalah dimulai dari membuat gudang/database online untuk bisnis Anda sendiri. (sumber gambar: Sarikartika)
Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)