Tantangan Penting yang Harus Dihadapi UKM/UMKM Berbasis TIK

Desa Mulyasari
0
Desa Mulyasari (Karawang) - Perkembangan teknologi internet yang semakin canggih, tidak bisa tidak mengharuskan pelaku bisnis UKM/UMKM untuk memanfaatkan teknologi tersebut demi kemajuan bisnis.

Manfaat internet bagi dunia wirausaha sangat banyak sekali. Internet bisa dimanfaatkan oleh pelaku wirausaha UKM/UMKM untuk banyak hal, seperti database, promosi, toko, dan masih banyak lagi. Keuntungan itu kemudian dilipatgandakan lagi dengan tingkat efisiensi dan akurasi. Dengan hanya bermodal klik, produk UKM/UMKM bisa menjangkau dunia secara global dan bisa ditargetkan ke pasar yang diinginkan.

Manfaat dan Tantangan Internet Bagi UKM/UMKM

Dari sekian banyak manfaat yang bisa diraih oleh pelaku wirausaha ketika memanfaatkan internet, ada banyak juga tantangan yang akan dihadapi. Beberapa hal di bawah ini merupakan kendala umum yang harus dihadapi ketika pelaku bisnis/wirausaha UKM/UMKM bermaksud memaksimalkan bisnisnya dengan berbaris TIK.

SDM yang Malas
Sebenarnya pelaku usaha UKM/UMKM tidak perlu minder dengan kemampuan SDMnya masing-masing. Kendala SDM ini bisa diatasi dengan pembelajaran otodidak, banyak membaca informasi, banyak bergaul dengan komunitas serupa, dan terus belajar. Semua pengetahuan tentang TIK yang pada mulanya asing, bisa segera dipenuhi dengan proses pembelejaran tersebut. Akan tetapi bila SDMnya malas tentu tidak akan terjadi perbaikan kualitas SDM.

Terus belajar dan tidak lekas puas merupakan proses penting yang harus terus digeluti oleh pelaku bisnis UKM/UMKM karena ilmu itu tidak ada batasnya, termasuk ilmu dalam dunia TIK.

Infrastruktur Tidak Memadai
Alasan infrastruktur yang sering dilontarkan pelaku wirausaha UKM/UMKM merupakan alasan klise. Kendala terbesar ketika ingin memanfaatkan internet untuk kepentingan bisnis tidak bukan faktor-faktor eksternal melainkan internal. Keterbatasan infrastruktur internet bukan harga mati, terlebih untuk saat ini, nyaris sebagian daerah di Indonesia sudah terhubung dengan internet, kecuali beberapa daerah yang benar-benar terpencil dan terasing dari teknologi yang satu ini.

Intinya, ada banyak jalan menuju Roma. Kendala yang satu ini bisa diakali oleh mereka yang kreatif dan bertekad kuat untuk melonjak lebih tinggi.

Putus di Tengah Jalan
Kendala lain yang banyak terjadi adalah putus di tengah jalan. Semangat menggebu ketika terjun ke dunia TIK lenyap sirna di tengah perjalanan. Padahal membangun bisnis di dunia internet butuh proses berkesinambungan, terus-menerus, ketekunan, dan kesungguhan. Kebanyakan pelaku UKM/UMKM meninggalkan pencapaian mereka karena banyak faktor, tidak mendapatkan hasil yang instan, lelah, dan sebagainya.

Sebagai informasi pemanfaatan internet bagi UKM/UMKM memang tidak bisa dirasakan secara instan, hari ini membangun sistem besok sudah kebanjiran order, tidak seperti itu! (kecuali Anda menggelontorkan dana jutaan rupiah). Untuk UKM/UMKM yang otodidak butuh konsistensi dan ketekunan, insya Allah hasilnya pun permanen.

wirausaha berbasis internet, desa mulyasari, karawang

Ketiga tantangan di atas merupakan tantangan terbesar yang selama ini membuat pelaku wirausaha UKM/UMKM gagal menikmati megahnya teknologi internet untuk membangun bisnis mereka.
Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)