Obat Tradisional Penyakit Demam Berdarah (DBD), Benarkan Obat itu Ada?

Desa Mulyasari
0
Desa Mulyasari (Karawang) - Obat tradisional penyakit DBD (Demam Berdarah) diyakini banyak orang benar-benar ada. Salah satu bentuknya adalah sari kurma, jus jambu batu, dan mungkin minuman lainnya. Akan tetapi dua produk di atas sangat tenar dan dipercaya sebagai obat penyakit demam berdarah.

Kepercayaan tersebut mitos belaka, faktanya adalah sampai hari ini belum ada obat penyakit DBD. Satu-satunya obat yang sedang dikembangkan adalah Vaksin Novel Tetravalen yang kelak akan diproduksi oleh Sanofi Pasteur Paris. Vaksin DBD ini masih dalam tahap penelitian di berbagai negara secara global, termasuk di Indonesia yang berlokasi di Bandung, Jakarta, dan Bali.

Obat Tradisional Penyakit Demam Berdarah

Pertanyaannya, bagaimana mengobati demam berdarah? Meksipun belum ada obat untuk penyakit DBD, akan tetapi penyakit demam berdarah ini bisa disembuhkan.

Pertama-tama harus diketahui bahwa penyakit DBD termasuk penyakit berbahaya yang bisa menyebabkan kematian. Terlebih bila yang mengidap penyakit tersebut adalah anak-anak. Penyakit DBD disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti betina.

Ciri-Ciri Penyakit Demam Berdarah (DBD)
Sekarang ini penyakit DBD tidak lagi bisa dengan mudah diketahui, pembuktian seseorang terkenan DBD atau tidak hanya bisa dibuktikan secara akurat melalui tes laboratorium (tes darah). Akan tetapi ciri yang paling khas dari penyakit DBD adalah peningkatan suhu tubuh yang konstan selama beberapa hari, yaitu terjadinya demam (suhu tubuh berada di angka 38 derajat celcius atau lebih) selama beberapa hari berturut-turut. Selebihnya ciri-ciri yang diperlihatkan seperti bintik kemerahan sangat jarang terjadi untuk saat ini kecuali pada kasus yang sudah sangat berat.

Bila Anda atau anak Anda mengalami demam selama 2x24 jam, segera bawa ke dokter terdekat dan lakukan pengecekan laboratorium untuk memastikan bahwa panas/demam itu penyakit DBD atau bukan. Bila hasilnya + DBD Anda tidak perlu cemas, penyakit DBD bisa disembuhkan.

Fase-Fase Penyakit Demam Bedarah (DBD)
Penyakit demam berdarah (DBD) memiliki siklus unik dan khas. Bila Anda pernah mengalami sakit tipes siklusnya biasanya panas pada sore sampai malam hari sementara siang hari merasa normal. Kalau penyakit DBD panasnya tidak turun naik, konstan terutama pada 2-3 hari pertama. Hal ini disebabkan oleh siklus DBD yang dikenal sebagai pelana kuda. Fase penyakit demam berdarah pada umumnya dikelompokan menjadi 3 fase, yaitu:

  • Fase Demam; Fase ini terjadi pada 2-3 hari pertama infeksi virus Dengue. Tubuh penderita akan mengalami demam (panas suhu tubuh berada di angka 38 derajat Celcius atau lebih).
  • Fase Kritis, terjadi pada hari 4-5 ditandai dengan menurunnya suhu tubuh. Bila Anda mengira sudah sembuh Anda keliru! Fase kritis merupakan fase paling berbahaya, karena penderita berada pada titik kritis yang pada kasus tertentu bisa kehilangan hidupnya. Biasanya suhu tubuh menurun drastis dan timbulnya bintik-bintik kemerahan. Untuk menghindari kecolongan di fase ini, maka pastikan Anda mau dirawat di rumah sakit agar tim dokter bisa memantau kesehatan sampai sembuh benar.
  • Fase Pemulihan, fase pemulihan terjadi ketika suhu tubuh kembali normal disertai dengan perubahan positif pada penderita DBD.
Jadi intinya, pengidap penyakit DBD akan sembuh pada akhirnya bila ia mampu melewati fase kritis. Untuk bisa melewati fase kritis itu jalannya hanya satu yakni dengan dirawat secara intensif di rumah sakit.

Cara Menyembuhkan Penyakit DBD

Bagaimana cara menyembuhkan penyakit DBD? Seperti yang saya tulis di atas, saat ini belum ada obat untuk menyembuhkan penyakit DBD. Orang-orang yang mengatakan sudah ada obatnya, kemungkinan besar mereka adalah penjual obat herbal (berharap produknya laku terjual). Tidak ada bukti dan fakta secara medis mengenai ramuan tertentu/obat herbal tertentu yang bisa menyembuhkan penyakit DBD.

Bilapun demam menjadi sembuh setelah meminum raman herbal demam berdarah, jus kurma atau jus jambu, itu hanya waktunya saja yang bertepatan dengan proses penyembuhan. Perawatan yang bisa dilakukan untuk penyembuhan pasien DBD adalah dengan perawatan intensif di rumah sakit melalui infus.

Pencegahan Penyakit Demam Berdarah
Sebelum Anda atau keluarga Anda menjadi korban dari penyakit DBD. Kita harus kompak dalam melakukan pencegahan penyakit DBD. Hal-hal yang harus dilakukan adalah 3M, menguras, menutup, dan mengubur.

Perhatikan lingkungan sekitar rumah dan di dalam rumah. Kuras aFoging hanya membunuh nyamuk dewasair bersih di rumah Anda minimal 7 hari sekali, hal ini perlu dilakukan karena nyamuk Aedes Aegypti ini senang bersarang di air bersih. Tutup dan kubur barang-barang yang bisa menjadi penampungan air bersih.

Jangan terlalu berharap pada proses foginf (penyemprotan nyamuk dari pemerintah) karena foging tidak efektif. Karena foging hanya membunuh nyamuk dewasa sementara jentik nyamuk yang berada di dalam air masih tetap hidup.

cara mengobati penyakit dbd

Jangan pernah mengambil risiko untuk penyakit DBD ini, apa pun alasannya rawat diri atau keluarga Anda yang terkenan DBD di rumah sakit. Sekian tulisan saya tentang obat tradisional penyakit demam berdarah ini. Semoga bermanfaat :)
Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)