Internet untuk Pemula, Perkenalan Dasar dan Sejarah Singkat Internet

Info Absurditas Kata
0
Desa Mulyasari (Karawang) - Pelajaran internet untuk pemula ini saya tulis dengan harapan bisa menjadi informasi bermanfaat bagi kita semua yang ingin belajar internet dan mengaplikasikannya dalam keseharian, terutama yang berhubungan dengan kepentingan pekerjaan.

Apa yang harus dipelajari untuk pertama kali? Saya menyarankan sebaiknya berkenalan terlebih dahulu secara umum, sekadar menambah pengetahuan tentang internet dasar. Semua itu saya uraikan menjadi bagian-bagian seperti di bawah ini.
  • Pengenalan Internet Dasar
  • Pengenalan Dasar Browser 
  • Pengenalan Dasar Search Engine
  • Pengenalan Dasar E-mail (Surel)
  • Pengenalan Dasar Media Sosial 
  • Istilah-Istilah Uumum Internet
Setiap bagian di atas itu akan saya uraikan di artikel terpisah agar semuanya bisa terangkum dengan baik. Sekarang dalam tulisan Pelajaran Internet untuk Pemula ini saya hanya akan membahas tentang Pengenalan Internet Dasar.

Pengenalan Internet Dasar

Internet padamulanya dikembangkan untuk kepentingan militer Amerika Serikat yang disebut ARPA pada tahun 1969. Sistem tersebut diciptakan untuk membuat sistem jaringan komputer yang tesebar di beberapa daerah. Pada tahun 1972 ARPA mulai diperkenalkan pada public. Alhasil ARPA pun dipecah menjadi 2 bagian, yaitu bagian militer yang disebut MILNET dan bagian non-militer yang disebut ARPANET (ditujukan untuk kepentingan pendidikan di tingkat kampus).

Di kemudian hari keduanya digabungkan menjadi DARPA Internet yang sekarang kita kenal sebagai Internet. Kurang lebih sejarah singkat internet seperti di atas.

Internet merupakan singkatan dari interconnected networking yang berarti jaringan komputer yang saling terhubung antara satu komputer dengan komputer yang lain yang membentuk sebuah jaringan komputer di seluruh dunia, sehingga dapat saling berinteraksi, berkomunikasi, saling bertukar informasi atau tukar menukar data.

Pengertian Internet Dasar

Gambaran dasar tentang internet bisa diibaratkan sebagai jaring laba-laba yang menutupi bumi. Di mana titik yang satu dan yang lain saling berhubungan. Titik-titik tersebut tidak lain adalah komputer/ponsel yang Anda gunakan, bisa juga dalam bentuk perangkat lain.

Secara istilah kata internet berasal dari bahasa Latin “inter”, yang berarti “antara”, maka internet secara Bahasa diartikan sebagai jaringan antara atau penghubung.

Jadi secara umum internet atau interconnection-networking dapat dimengerti semua jaringan komputer (dan peralatan lain yang memungkinkan terhubung dengan internet) di seluruh dunia yang terhubung dengan suatu standar sistem global bernama TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite). 

Desa Mulyasari Karawang

Teknologi internet sekarang Anda bisa mengakses berbagai-bagai informasi dari dunia di luar sana tanpa harus beranjak ke manapun. Anda cukup duduk manis di depan layar komputer dan membaca sebanyak mungkin ilmu pengetahuan yang tersedia dengan sangat berlimpah di internet.

Perkenalan internet dasar kali ini kita cukupkan sampai di sini. Dalam artikel berikutnya kita akan berkenalan dengan Browser (program untuk menjelajah internet). Semoga tulisan ini bermanfaat ya.
Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)