Cara Mengecek Tagihan Listrik PLN Setiap Bulan

Desa Mulyasari
0
Desa Mulyasari, Ciampel - Karawang, Cara Mengecek Tagihan Listrik PLN Setiap Bulan. Seberapa besar Anda membayar listrik setiap bulan? Sudahkah Anda mengecek angka tagihan listrik tersebut sesuai dengan pemakaian listrik di rumah Anda? Besaran tagihan listrik setiap rumah pasti berbeda satu sama lain, tergantung dari seberapa banyak alat-alat yang memakain energi listrik dipergunakan di rumah tersebut.

Dalam beberapa kasus masih ada saja masyarakat yang menitipkan pembayaran listriknya kepada pihak-pihak tertentu dengan alasan lebih praktis, hemat waktu, bahkan ada juga yang beralasan karena tidak tahu harus kemana membayar listrik. Sebenarnya cara sepertin sangat rentan penipuan, 

Hal tersebut tidak hanya terjadi di Desa Mulyasari, Ciampel-Karawang saja tapi juga terjadi di tempat-tempat lain. Berangkat dari kenyataan tersebut, artikel ini ditulis semoga Anda bisa menjadi lebih ngeuh dengan jumlah tagihan listrik yang akurat setiap bulannya dan tempat-tempat pembayaran tagihan listrik yang dirokemendasikan.

Cara Pembayaran Tagihan Listrik di Desa Mulyasari, Ciampel Karawang

Ada banyak cara untuk melunasi tagihan listrik di rumah Anda, kesemua cara itu bisa dikelompokkan menjadi dua, yaitu Cara Online dan Cara  Offline. Membayar tagihan listrik secara online akan dibahas di artikel berikutnya. Sekarang kita akan membahas tentang cara membayar listrik secara offline.

Maksud dari membayar tagihan listrik secara offline adalah membayar tagihan listrik dengan datang langsung ke kantor-kantor tempat pembayaran listrik di dekat rumah Anda. Nah, masalahnya adalah tempat-tempat pembayaran tagihan listrik yang direkomendasikan itu apa saja dan di mana?

Tempat Pembayaran Tagihan Listrik di Desa Mulaysari, Ciampel - Karawang


Mencari tempat pembayaran tagihan listrik resmi sebenarnya tidak sulit, ada beberapa pilihan yang bisa didapatkan, yaitu:
  1. Kantor PLN cabang yangterdekat dengan rumah Anda untukDesa Mulyasari, Ciampel - Karawang kantor PLN yang terdekat adalah UPJ Kosambi yang berada di Jl. Raya Kosambi No. 21 Karawang Nomor telepon, 41371 0267-433872. 
  2. Kantor POS bisa menjadi alternatif lain yang dirokomendasikan untuk membayar tagihan listrik, kantor pos terdekat dari Desa Mulyasari - Ciampel Karawang adalah Kantor Pos Klari. yang berada di  Jl. Raya Kosambi Klari. No Telp.: 0267-434229 (dengan tambahan biaya administrasi)
  3. Kantor-kantor lain juga bisa Anda gunakan untuk membayar tagihan listrik setiap bulan, misalnya kantor TELKOM, juga Bank tempat Anda menabung (hanya saja kerap kali Bank terdekat dengan Desa Mulyasari tidak bersedia menerima pembayaran listrik)
  4. Cara terakhir adalah datang ke loket jasa pembayaran listrik yang sudah cukup banyak berada di Karawang, salah satunya yang terdekat adalah yang berlokasi di Pasar Munjul, Curug.
Keempat tempat di atas bisa menjadi pilihan terbaik untuk melunasi tagihan listrik secara offline (datang langung) dan membayar secara tunai. Keuntungan membayar listrik secara offline adalah Anda mengetahui dengan rinci dan pasti berapa jumlah tagihan listrik Anda setiap bulannya. 

Sebagai upaya keamana, hindari menitipkan pembayaran tagihan listrik kepada orang lain, kecuali Anda benar-benar mempercayainya dan orang tersebut memiliki kredibilitas di bidangnya.

Cara Mengecek Tagihan Listrik Bulanan

Cara mengecek tagihan listrik ini sebenarnya sangat mudah, akan tetapi kesenjangan informasi dan teknologi masih menjadi kendala. Anda hanya perlu mengunjungi website PLN yang beralamat di www.pln.co.id setelah masuk ke website tersebut, bisa dengan memakai komputer dan kalau tidak memiliki komputer bisa juga diakses dengan memakai ponsel yang memungkinkan untuk internetan. Anda tinggal melakukan pengecakan tagihan. Caranya juga cukup mudah. 

Cara Mengecek Tagihan Listrik Bulanan
Caranya cukup sederhana, yaitu sebagai berikut:
  • Masuk ke website PLN yang beralamat di www.pln.co.id
  • Ketik ID Pelanggan PLN Anda (ID PLN Bisa dilihat di rekening listrik, berupa angka yang berjumlah 12 digit (12 angka))
  • Klik tulisan CEK (disebelah kanan ID PLN) [Lihat gambar ilustrasi di bawah]
Lihat kotak hijau, tuliskan ID PLN di tempat yang ditandai oleh kotak merah kemudian klik tulisan CEK di tempat yang ditandai oleh kotak kuning

Setelah melakukan pengisian ID PLN di atas, Anda akan melihat hasil tagihan resmi PLN seperti yang terlihat di gambar berikut ini:

Anda juga bisa mengecek tagihan-tagihan PLN di bulan-bulan lain yang telah berlalu. Caranya sama saja, ketik ID PLN dan pilih bulan yang ingin dicek.


Setelah memasukkan ID PLN dan bulan tagihan, sistem akan memproses dan mengeluarkan jumlah tagihan listrik Anda seperti gambar di atas Mudah bukan?

Bila tidak memungkinkan juga memakai cara di atas, Anda bisa memakai layanan Call Center PLN melalui telepon dengan menghubungi nomor Call Center PLN: 123 (dikenakan tarif sesuai ketentuan oprator masing-masing)

Sekian artikel ini, semoga bermanfaat.
Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)