Teknik Hidroponik Jalan Jitu Bercocok Tanam di Lahan Sempit

Skylart
0
Desa Mulyasari Karawang
Desa Mulyasari, Karawang (UKM Karawang) - Lahan sempit sering menjadi kendala bagi beberapa orang yang menggandrungi kegiatan bercocok tanam. Sebenarnya masalah lahan sempit dapat diatasi dengan sistem hidroponik.

Berdasarkan pencarian yang dilakukan UKM Karawang, ada teknik bercocok tanpa media tanah secara langsung namun mendapatkan hasil yang maksimal. Teknik ini di sebut teknik menanam secara hidroponik. Tetapi tidak semua orang bisa belajar secara otodidak, perlu ada yang bisa menjelaskan secara langsung dan mempunyai pengalaman dalam menanam sayuran secara hidroponik ini.

Di daerah Karawang ini salah satunya bisa kita jumpai di daerah ciwulan, yaitu di Saung Kasabtani. Kalau mau kesana dari perempatan johar ambil arah ke telagasari, melewati perempatan telagasari masih lurus menuju daerah Cilewo, dari Cilewo ini bisa tanyakan Desa Ciwulan. Tanyakan saja pemilik Saung Kasabtani yaitu Bapak Ajud Tajrudin (biasa di panggil mang Ajud) yang bekerja sebagai PPL di Jatisari.

Mang Ajud ini akan dengan semangat dan senang hati membagikan ilmu pertaniannya kepada yang lain, selain karena memang sudah menjadi pekerjaannya dan kewajibannya sebagai penyuluh pertanian juga mempunyai visi dan misi menjadikan pertanian hidroponik ini sebagai salah satu solusi hidup sehat dan sejahtera.

Kenapa bisa sehat dan sejatera?
"Sehat karena kita memakan sayuran segar yang kita tanam sendiri dan tidak memakai pestisida dan sejahtera akan tercapai saat hasil panen sayuran hiroponik ini bisa kita pasarkan. Karena masih banyak yang membutuhkan pasokan sayuran segar, misalnya saja selada, Saung Kasabtani ini malah di tantang bisa tidak menyediakan minimal 8 kg selada segar per hari di Karawang dan yang meminta ini baru satu orang yang usahanya memerlukan selada segar tiap hari. Jadi pangsa pasarnya masih luas. " ujar Mang Ajud.

Apa saja yang di perlukan untuk memulai menanam hidroponik?
Sebenarnya belajar menanam hidroponik bisa di mulai dengan yang ada di sekitar kita misalnya saja media tanam semai, biasanya memakai 'rockwool' di ganti dengan kapas, tisu, atau busa. Kelebihan rockwool dibandingkan dengan media lainnya terutama dalam hal perbandingan komposisi air dan udara yang dapat disimpan oleh media tanam ini. Bibit bisa dengan bibit yang ada. Hanya untuk nutrisi hidroponik ini yang agak susah bagi pemula kalau mau racik sendiri untuk hal ini kita bisa beli secara online.

"Saung Kasabtani juga bisa membantu orang-orang yang ingin belajar menanam hidroponik, dengan adanya paket-paket untuk pemula. Paket ini sudah lengkap bibit, media tanam dan nutrisi AB-Mix. Selain mendapatkan pengetahuan tentang menanam secara hidroponik, juga bisa langsung praktek. Silahkan datang saja ke Saung Kasabtani. Insya Allah kedepannya kami bersama rekan-rekan yang berkompeten di dunia hidroponik, sepakat untuk menjadi jembatan bagi mereka yang ingin belajar hidroponik, saat ini baru membuat grup saja di salah satu sosial media".


Sumber: UKM Karawang
Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)