Seni Aquascape Bukan Sekadar Hobby, Keseriusan Bisa Mengubahnya Menjadi Ekonomi Kreatif

Skylart
0
Desa Mulyasari, Karawang (UKM Karawang) - Mungkin belum begitu banyak orang yang mengenal istilah Aquascape. Mau tahu lebih dalam tentang aquascape, yuk baca lagi.

Aquascape adalah seni mengatur tanaman air dan batu-batuan, koral, atau kayu apung, secara alami dan indah di dalam akuarium sehingga memberikan efek seperti membuat taman di bawah air. Aquascape berbeda dengan akuarium ikan biasa, yang membedakan selain aquascape lebih mementingkan penataan tamannya (layout) juga pada aquascape lebih membutuhkan karbondioksida (CO2) untuk hidup tanaman dalam air, dan oksigen (O2) untuk ikan dihasilkan oleh tanaman itu sendiri , sementara ikan tersebut hanyalah sebagai pelengkap saja.

Pelaku seni aquascape ini, biasanya menjadikan kegiatan ini sebagai hobby, selain membutuhkan kesabaran dan konsistensi dalam memeliharanya, juga memerlukan uang lebih untuk membeli akuarium, tanaman ,bebatuan atau perlengkapan lainnya.

Adakah peluang usaha dari melakukan 'hobby' menata taman dalam air (aquascape) ini?
Ukm Karawang berhasil menemui pelaku usaha aquascape di Karawang, Kang Iwa adalah pemilik dari D'Lima Aquasape yang mempunyai 'workshop' di Jalan Pasundan no 60-61 - Adiarsa Karawang. Untuk mencapainya dari pintu kereta api jalan tuparev belok kiri menuju kios-kios yang berada di samping sepanjang rel kereta api.

Usahanya ini bermula dari hobby menata aquascape, kang Iwa yang semula hobby sendiri mempunyai keinginan lebih memasyarakatkan aquascape ini di daerah Karawang. Untuk itu beliau mulai mengajak orang-orang yang mempunyai visi yang sama. Dimulai dari 2 -3 orang yang tertarik akhirnya membentuk Komunitas Aquascape Karawang, dan sekarang komunitas ini bisa 20 - 60 orang yang aktif 'kopdar' .

Seiring perkembangan komunitas ini, terciptalah peluang usaha yang saat ini di tekuni oleh sebagian anggota , ada yang khusus membuat lampu, mensuplai batuan, tanaman dan juga bagi yang sudah mahir membuat layout bisa menawarkan jasa membuat layout aquascape ini.

Untuk meningkatkan keahlian anggotanya, selain melakukan kopi darat (kopdar) secara rutin, juga sering mengikuti pameran maupun kontes aquascape diluar Karawang, misalnya Jakarta dan Bandung.

Seandainya ada yang tertarik dengan aquascape yang sudah jadi berapa kisaran harganya? Berapa keuntungannya?
"Untuk harga aquascape tergantung media tanamnya, macam tanamannya, layoutnya ataupun perlengkapannya. Dari yang standar mulai dari Rp 500.000,- sampai dengan Rp 10.000.000,- . Di karenakan saya ingin lebih memasyarakatkan aquascape di Karawang, jadi harganya bisa lebih murah, standar di sini sepuluh juta di Jakarta bisa Rp 20 juta sd Rp 35 juta. Untuk keuntungan relatif ya, mungkin bisa 30-40% karena tergantung juga dengan bagus tidaknya penataan (layout) dan jenis tanamannya" , ujar Kang Iwa.

Bagaimana kalau ada yang ingin membuat aquascape, berapa modal yang harus di keluarkan?
"Untuk memulainya sebaiknya kalau uang tidak cukup bisa membeli perlengkapan tidak dengan sekaligus, satu-satu dulu. Untuk yang standar bisa paling tidak Rp 500 ribuan. Itupun bisa kurang lagi, dengan cara menanam tanamannya yang tidak memerlukan terlalu banyak karbondioksida, karena yang mahal kan tabung karbondioksidanya itu. Untuk menggantinya kita bisa buat karbondioksida sendiri."

D'lima Aquascape
Jalan Pasundan no 60-61 
Adiarsa - Karawang. 
(Kios-kios samping rel PJKA)

Sumber: UKM Karawang
Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)