Seni dan Budaya Kabupaten Karawang Menyita Perhatian KBRI London

Info Absurditas Kata
0
Desa Mulyasari (Karawang) - Kabupaten Karawang menyimpan potensi seni dan budaya yang sangat menarik, bahkan sejumlah diantaranya telah menarik perhatian banyak kalangan. Salah satunya atensi Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di London, Inggris. Kesenian dan kebudayaan Karawang yang selama ini dikembangkan oleh Sanggar Sundapura Karawang berhasil menyita perhatian masyarakat di sana. 

Bahkan sanggar ini diminta untuk tampil di hadapan Friends of Indonesia di London, Inggris. Tak hanya itu, warisan seni dan budaya Karawang pun ternyata masih unggul di tingkat Jawa Barat. Hal ini dapat terlihat dari keberhasilan perwakilan Kabupaten Karawang yang menjadi juara dan mendapatkan penghargaan. Salah satunya adalah Juara Umum Festival/Binojakrama Padalangan Tingkat Provinsi Jawa Barat melalui Ki Dalang Apep Hudaya, S.Sos dari Kec. Cikampek, serta Juara Pertama dan Juara Favorit dalam Festifal Musik Kolaborasi Etnis Tingkat Provinsi Jawa Barat.

Desa Mulyasari Karawang
Dalam kaitan pewarisan seni dan budaya, Gubernur Jawa Barat, H. Ahmad Heryawan, pun telah memberikan penghargaan kepada H. Suanda, Maestro Kendang Jawa Barat asal Karawang, atas prestasi pewarisan tepak kendang kepada para siswa SD. 

Di sisi lain, revitalisasi dan pelestarian warisan seni dan budaya asli Karawang telah menjadi salah satu fokus perhatian Pemerintah Daerah. Dalam upaya melestarikan warisan budaya tersebut, Pemerintah Kabupaten Karawang pun telah melakukan sejumlah langkah di tingkat usia dini, yang salah satunya adalah revitalisasi dan pewarisan seni Rampak Gendang dan Gerak Tari Karawangan kepada para siswa SD, guru PAUD, dan guru SD.

Di samping itu, Pemerintah Kabupaten Karawang juga tengah melakukan pembenahan kelembagaan kesenian dan grup kesenian pada tingkat kabupaten / kecamatan dalam rangka mewujudkan Seni Budaya Karawang Go International, yang antara lain dilakukan melalui pembenahan kelembagaan Dewan Kesenian Kabupaten (DKK) serta pewarisan seni budaya. (humas)

Sumber: Radar Karawang
Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)