Alat-Alat Hidroponik Sederhana dan Murah untuk Hidroponik Rumahan

Info Absurditas Kata
1
Desa Mulyasari (Karawang) - Alat-alat hidroponik murah banyak beredar di luar sana, harganya memang murah bila dilihat dari ukuran satuan. Tapi dalam jumlah banyak, ketika diakumulasikan ternyata biayanya menjadi besar.

Hidroponik sederhana untuk rumahan sebenarnya bisa diakali agar biayanya tidak terlalu bengkak. Caranya yaitu dengan memakai alat-alat hidroponik murah alternatif.

Alat Perlengkapan Hidroponik Murah

Perlengkapan hidroponik murah alternatif ini bisa kita dapatkan dengan gratis, tanpa harus beli. Sekarang kita simak alat hidroponik apa saja yang bisa kita ganti dengan alternatifnya.

Paralon Hidroponik
Membuat instalasi hidroponik untuk bisnis tidak bisa tidak harus memakai paralon atau talang. Akan tetapi untuk hidroponik sederhana di rumah sendiri, Anda tidak harus bergantung pada paralon. Paralon bisa diganti dengan botol bekas.

Paralon itu difungsikan untuk menyimpan netpot dan sistem fertigasi nutrisi, kedua hal ini juga bisa dilakukan dengan pada hidroponik botol bekas sederhana.

Stick Dripper
stick dripper hidroponik biasanya digunakan untuk mengatur tetesan air nutrisi ke tanaman. Kalau beli 1 atau 2 kita mungkin masih bisa beli tetapi kalau beli dalam jumlah banyak biayanya bengkak juga. Sebagai alternatif gunakan ripet untuk mengikat selang, tetesan air bisa diatur. (Silakan lihat tayangan videonya di link ini; Stick dripper alternatif atau Pemakaian Ripet untuk Fertigasi Hidroponik)

Selang HDPE 
Selang HDPE saya tidak tahu harga sebenarnya berapa akan tetapi ti pasaran online nyaris semua rata-rata menjual antara 2-3 ribu/meter. Cukup mahal bila anda butuh selang dalam jumlah banyak. Selang HDPE ini bisa diganti memakai selang air biasa yang seukuran misalnya selang oksigen aquarium atau infusan. Untuk skala hidroponik rumahan tentu masih bagus dan bisa diberdayakan :)

Nutrisi Hidroponik
Nutrisi hidropnik bisa diganti dengan membuat fusarium sendiri. Cara membuat fusarium cukup sederhana, bisa dibuat dengan menggunakan bahan beras. Hanya pembuatan fusarium ini butuh waktu agak lama. Tutorial lengkap pembuatan fusarium sp akan ditulis nanti di tulisan berbeda.

Pompa Air 
Pompa air ini sebenarnya tidak begitu dibutuhkan untuk hidroponik rumahan, karena pompa air biasanya digunakan untuk hidroponik NFT. Untuk skala rumahan gunakan saja hidroponik floating system sederhana atau hidroponik wick system sederhana sehingga Anda tidak memerlukan pompa air.

Mesin Bor
Mesin bor berperan vital dalam dunia hidroponik, khususnya instalasi hidroponik paralon dan instalasi hidroponik botol gantung. Untuk melobangi paralon sebenarnya Anda tidak perlu mesin bor, pelobangan bisa dilakukan dengan memanfaatkan api kompor atau solder listrik (saya sarankan memakai api kompor). Selengkapnya mengenai cara pelobangan paralon bisa Anda lihat di video tutorial 3 Cara Pelobangan Paralon Hidroponik (atau silakan dipilih Pelobangan Paralon memakai Solder dan Pelobangan Paralon Memakai Api Kompro Gas)

alat hidroponik sederhana, desa mulyasari, karawang

Dari beberapa alat perlengkapan hidroponik di atas, masih banyak lagi yang bisa kita ganti dengan alat hidroponik murah lain. Semua itu tergantung pada kreatifitas kita masing-masing.

Beberapa video tutorial hidroponik di bawah ini mungkin bisa menginspirasi Anda, selamat menyaksikan danjangan lupa berlangganan (subscribe) canel Desa Mulyasari.

3 Cara Pelobangan Instalasi Hidroponik

Hidroponik Botol Bekas Sederhana

Stick Dripper Alat Hidroponik Manual Kreatif

Selain video di atas Anda bisa melihat tayangan video lain tentang Tutorial Hidroponik di canel Desa Mulyasari. 

Posting Komentar

1Komentar

  1. keren sekali blognya dan terima kasih untuk informasi mengenai alat perlengkapan hidroponik murah sederhana dan kreatif.

    BalasHapus
Posting Komentar