Tim SMAN 1 Karawang Raih Juara II Bridge Design Competition

Info Absurditas Kata
0
Desa Mulyasari (Radar Karawang) - Tim siswa SMAN 1 Karawang yang terdiri dari Nur Iqbal Hidayatullah, Bagus Bayu Nugroho,dan Raditya Setiawan berhasil meraih juara II Bridge Design Competition (BDC) atau lomba desain dan uji kekuatan maket jembatan tingkat SMA, dalam kejuaraan Civil Engineering Innovation Contest (CEIC) yang diselenggarakan di Kampus Teknik Sipil Universitas Diponegoro (Undip) Semarang.

http://mulyasari-karawang.blogspot.com/
Mukhlis seorang guru pembimbing siswa berprestasi tersebut mengatakan, CIEC merupakan bagian dari program kerja unggulan dari Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil Undip, untuk mengembangkan riset dan teknologi yang salah satunya dalam bidang ketekniksipilan. Sebagai salah satu bentuk perwujudannya, Departemen Riset dan Teknologi Himpunan Mahasiswa Sipil Undip Semarang, menyelenggarakan lomba BDC 2014 tingkat SMA/MA yang bertemakan "Futuristic Construction for The Nation's Future". “Kegiatan ini merupakan bentuk kontribusi sederhana yang dapat mendorong siswa-siswi SMA/MA untuk kreatif dalam hal ketekniksipilan,” ujar Mukhlis kepada RAKA .

Sementara seorang siswa peraih juara II BDC, Nur Iqbal Hidayatullah mengatakan, dia mengikuti lomba BDC di Undip karena mendapat masukan dari kakak kelasnya. Iqbal mengaku tertarik untuk mengikuti lomba tersebut dan mengajak serta temannya untuk mendaftar. Setelah mendaftar, Iqbal dan temannya yang lain mengumpulkan makalah tentang maketnya, disertai foto dia beserta teman dan guru pembingnya. Kemudian mengikuti babak penyisihan dan hasilnya dari 33 kelompok hanya tersaring 10 kelompok yang masuk babak final. “Dalam babak penyisihan waktu itu, ada beberapa kriteria penilaiannya, yakni dari estetika, makalah, aspek ekonomis dan tingkat realisasi,” ujar Iqbal.

Pada babak final, peserta kemudian mengikuti teknikal meeting dan langsung membuat atau merakit maketnya dalam waktu tiga jam. Dalam teknikal meeting, panitia mensyaratkan penggunaan kayu balsa yang digunakan sebagai materi maket jembatan siswa SMAN 1 Karawang hanya 120 gram. “Alhamdulilah dari seluruh peserta yang ikut, maket jembatan kami merupakan maket yang mampu menahan beban hingga 39 kilogram lebih,” katanya.

Setelah melalui proses penilaian juri pada babak final, akhirnya perjuangan tim siswa SMAN 1 Karawang tidak sia-sia. Mereka memperoleh juara II dan berhak mendapat hadiah sebesar Rp 2,5 Juta dan tiket langsung masuk tanpa seleksi ke Undip. Selain itu, Iqbal mengaku sangat senang dan mendapat pengalaman yang sangat menarik tak ternilai saat mengikuti perlombaan tersebut. “Ini merupakan pengalaman paling berharga.

Sumber: Radar Karawang
Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)