Cara Promosi Produk Baru yang Mendongkrak Hasil Penjualan

Info Absurditas Kata
0
Desa Mulyasari (Karawang) - Memasarkan produk sendiri mungkin sedikit membingungkan bagi Anda yang baru terjun ke dunia wirausaha. Padahal promosi itu harus dilakukan, nah sekarang di sini kita akan berbagi mengenai cara promosi untuk meningkatkan penjualan produk Anda. Harapannya adalah semakin banyaknya transaksi atau penjualan yang diterima.

Agar hasil penjualan bisa meningkat maka dibutuhkan strategi promosi yang tepat sasaran. Bagaimana melakukan promosi tepat sasaran? 

Cara Promosi Tepat Sasaran 


Ada beberapa cara melakukan promosi agar produk Anda bisa mengalami peningkatan penjualan, antara lain sebagai berikut:

Strategi Promosi Media Sosial Media sosial hari ini memiliki peran penting dalam membangun dinasti bisnis. Sudah sangat banyak orang yang memiliki akun media sosial, itu artinya Anda bisa memanfaatkan media sosial sebagai alat promosi yang langsung menjangkau konsumen.

Kelebihan dari memanfaatkan media sosial sebagai alat promosi ialah sistem yang berjalan selama 24 jam, kemudian sasaran yang dituju pun sangat tepat sesuai dengan target produk. Selain itu media bila dibantu pengemasan konten yang maksimal dapat menimbulkan efek viral, artinya produk Anda bisa meledak ribuan kali lebih luas dari apa yang diharapkan.

Jadilah Sponsor!
Menjadi sponsor mungkin bukan suatu hal yang terlintas dalam benak, mengingat produk yang Anda bangun ini produk baru, nanti bisa rugi. Logika sederhananya memang demikian, akan tetapi menjadi sponsor memiliki dampak signifikan bagi perkembangan produk Anda agar dikenal lebih banyak dan lebih luas oleh konsumen.

Ada banyak bentuk sponsorhip, Anda tidak harus merogoh semua modal usaha pilih saja beberapa bentuk sponsorhip yang meringankan tapi memberikan keuntungan yang setara untuk Anda. Keuntungan lain dari menjadi sponsor yaitu membangun branding, produk yang Anda buat memiliki brand yang kuat di mata konsumen.

Bagi-Bagi Produk Sample Produk Anda baru jadi alias baru nyemplung pasar? Jangan ragu untuk berbagi produk gratisan, katakanlah produk gratisan tersebut sebagai contoh/sampel dari produk yang akan Anda jual. 

Yakinlah bahwa produk Anda memiliki keunikan dan kualitas yang tidak kalah dengan produk orang lain. Sehingga Anda tidak perlu merasa was-was ketika melemparkan produk gratisan sebagai buang-buang uang. 

Hanya saja upayakan agar produk sampel tersebut sampai ke tangan konsumen yang menjadi target, misalnya menjual gigi palsu ya jual ke orang tua yang sudah ompong jangan ke remaja yang masih sehat giginya.

Berikan Insentif untuk tiap Rekomendasi 
Dulu pemasaran dengan cara rekomendasi sangat berperan penting dalam dunia bisnis, saat ini peran-peran rekomendasi meskipun masih penting akan tetapi tidak lagi menjadi ruh dari bisnis. Bila produk baru Anda direkomendasikan oleh konsumen ke calon konsumen maka jangan segan untuk memberikan insentif kepada orang tersebut.

Strategi Promosi Produk UKM UMKM

Bentuk insentif yang diberikan tidak terpaku pada uang saja, bisa juga dalam bentuk lain misalnya kupon diskon atau produk yang Anda jual. Biasanya cara ini membuat konsumen merasa dimanjakan dan betah untuk rekomendasikan produk kita ke orang lain.

Donasi!
Waduh, produknya baru, usahanya juga baru, bagaimana bisa berdonasi? Kalem, tidak dipungkiri lagi bahwa sedekah malah menambah penghasilan. Serius. Hal penting dari berdonasi ialah meningkatkan citra baik produk Anda dan menambahkan tingkat kepuasan dan penilaian konsumen terhadap produk dan brand Anda.

Beberapa cara promosi di atas, bila dilakukan dengan konsisten dan sungguh-sungguh hasilnya akan terasa. Semoga artikel cara promosi produk baru ini bisa menginspirasi kita semua. Selamat berwirausaha, sukses! (Sumber gambar: http://shiftindonesia.com/wp-content/uploads/2014/11/SHIFT-SSCX-7-Langkah-memasarkan-produk-baru-600x423.jpg)
Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)