Cara Mudah Melakukan Riset Bisnis UKM Secara Online

Info Absurditas Kata
0
Desa Mulyasari (Karawang) - Bagi Anda calon wirausahawan, sebelum terjun ke dunia bisnis online, hal pertama yang harus dilakukan adalah melakukan riset peluang bisnis. Kenapa harus? Karena bisnis selain butuh keberanian juga butuh perhitungan. Bermodal keberanian tanpa perhitungan  itu artinya konyol belaka.

Cara Mudah Melakukan Riset Bisnis UKM salah satunya dengan melakukan riset kata kunci (keyword) yang paling banyak dicari. Misalnya, akan tampil suguhan kata kunci berupa usaha pakaian, memang benar peluang bisnis usaha pakaian itu sangat besar, akan tetapi pakaian apa yang bisa memberikan Anda keuntungan dan benar-benar berpeluang cerah? Itu yang kita pecahkan di sini.

Cara Mudah Melakukan Riset Bisnis UKM Secara Online

Pertama-tama harus mencari peluang bisnis yang menjanjikan ini tidak semudah membalik telapak tangan. Anda harus melakukan riset serius, tidak bisa hanya ikut-ikutan. Bila tetangga Anda sukses menjadi penjual sepatu kulit online dan Anda melakukan bisnis yang sama, hasilnya pasti berbeda!

Tahapan Melakukan Riset Sederhana Peluang Bisnis Online
Tahapan yang harus dilakukan calon wirausahawan ketika ingin menekuni bisnis online adalah dengan melakukan:

  • Menentukan bidang bisnis secara spesifik
  • Mengukur peluang pasar
  • Mengetahui pesaing 

Tiga langkah di atas mungkin terdengar pelik, akan tetapi kita bisa menyederhanakannya. Karena hal tersebut pada hakikatnya merupakan prinsip umum bisnis. Rincian lebih lengkap silakan bacanya dilanjutkan.

Pertama, pembatasan bidang bisnis ini harus dibuat spesifik. Ketika Anda bermaksud menjual pakaian, tentukan pakaian apa yang ingin Anda jual? Jangan serakah, biasanya orang berpikir untuk menjual aneka macam pakaian, alhasil mereka patah di tengah jalan karena sudah banyak sekali penjual yang sama yang harganya lebih murah.

Keunikan itulah yang dicari konsumen saat ini, mereka tidak mau produk yang terlalu banyak dipakai orang lain. Mereka ingin produk yang unik, yang berbeda, Andalah yang harus menyediakan produk tersebut. Semakin produk Anda memiliki ciri khas, unik dan berbeda dari produk lain, semakin jelas arah pasar Anda.

Kedua, setelah melakukan pembatasan bidang bisnis, langkah berikutnya adalah mengukur peluang pasar. Misalnya Anda akan melakukan bisnis jual beli jaket kulit bayi. Pakaian tersebut memang unik, jarang sekali orang yang membuat produk berupa jaket kulit bayi. Bila Anda terjun ke sana berarti Anda termasuk orang yang jeli dalam melihat peluang tetapi kurang cerdas. Kenapa?

Karena untuk masalah pakaian bayi, orang cenderung memilih produk yang harganya terjangkau, bayi yang masih dalam proses pertumbuhan cepat cukup diberikan pakaian sederhana yang pantas. Artinya peluang pasar sangat terbatas, jika Anda berani mengambil risiko silakan tekuni dan ambil peluang pasar yang sedikit itu. Toh, tidak menutup kemungkinan Anda menjadi sukses karena memang sedikit sekali produk jaket kulit bayi ini, ditambah lagi bila Anda bisa memberikan harga yang rasional sangat memungkinkan produk tersebut diminati konsumen.

Desa Mulyasari, Karawang

Ketiga, rumus bisnis online yang harus Anda tekuni adalah pesaing. Tidak ada bisnis tanpa pesaing. Kunjungi toko-toko yang menjual yang produk yang sama, lihat apa saja produk mereka, lihat juga berapa harga yang mereka berikan, lihat lagi seberapa besar tingkat kepuasan konsumen mereka. Setelah mempelajari peasing bisnis secara cermat, tanyakan kepada diri sendiri, "Apakah saya siap bersaing?"

Bila ada peluang untuk melakukan persaingan dan peluang tersebut memungkinkan bisnis Anda selamat, segera mulai bisnis online Anda. Nikmati prosesnya dan rasakan perkembangannya.

Sampai di sini, semoga tulisan ringkas mengenai cara riset bisnis online untuk pemula di atas menambah sedikit informasi dan bisa menginspirasi. Sampai jumpa di artikel Desa Mulyasari berikutnya.
Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)