Cara Membuat Proposal Bisnis/Wirausaha Kecil Menengah (Panduan Teknis Umum)

Info Absurditas Kata
0
Desa Mulyasari (Karawang) - Proposal Usaha biasanya ditulis untuk kepentingan pengembangan usaha baik berupa pengajuan kerja sama, permohonan bantuan modal, penawaran promosi dan sebagainya. Sekarang kita akan berbagi mengenai cara membuat proposal bisnis/wirausaha.

Bagaimana proposal bisa dijadikan saran untuk pengembengan usaha? Secara garis besar karena di dalam proposal terdapat gambaran lengkap mengenai profil usaha yang sedang Anda geluti. Sehingga orang bisa melihat dan menaksir untung ruginya. Bila menguntungkan maka peluang turunnya bantuan modal atau kerja sama akan semakin besar.

Cara Membuat Proposal Wirausaha Kecil Menengah

Agar proposal yang Anda tulis berhasil mendapatkan banyak respon posifit, maka Anda harus mengerti cara menulis proposal usaha yang baik. Menulis proposal harus memenuhi kriteria wajib dalam isi proposal.

Kriteria wajib dalam sebuah proposal usaha yaitu berupa pendahuluan, profil bisnis, struktur organisasi, produk, target pasar, laporan keuangan, dan penutup.

Pendahuluan Proposal Usaha
Bab pendahuluan proposal usaha merupakan bagian proposal yang di dalamnya berisi latar belakang usaha Anda, tuliskan mengenai bagaimana usaha itu dibangun, alasannya, posisi usaha di pasar, singkat cerita dalam bagian pendahuluan proposal usaha Anda juga menceritakan visi dan misi dari usaha.

Profil Bisnis Proposal Usaha
Dalam bab berikutnya, proposal usaha harus ada yang namanya Profil Usaha. Bagian ini berisi bahasan pokok dari tujuan proposal bisnis yang ingin Anda kembangkan. Cara menulis bab 2 proposal usaha bagian profil usaha bisa dimulai dengan menuliskan beberapa bagian di bawah ini:
  • Jenis usaha; jelaskan lebih mendetail seperti apakah usaha tersebut, lalu berikan contoh yang real dari bentuk usaha tersebut. Hal ini sebagai bukti yang sangat memiliki peran penting dalam sebuah proposal.
  • Nama perusahaan;  Pilihlah nama perusahaan yang bagus dan mudah diingat, apalagi untuk bisnis yang akan dijalani tersebut, anggap saja misalnya anda memulai bisnis UKM, bisnis franchise atau bisnis waralaba modal kecil
  • Lokasi; setiap bisnis pasti memiliki sebuah lokasi yang mana di tempat itulah bisnis tersebut berada. Tuliskan data lokasi tersebut secara lengkap.
Struktur organisasi
Struktur organisasi pasti dimiliki oleh setiap perusahaan untuk menjalankan tugasnya dengan baik. Di sini, Anda bisa menuliskan siapa pemilik usaha tersebut, lalu jumlah karyawan dan bagaimanakah sistem management yang digunakan bisnis tersebut. Tuliskan secara lengkap dan mendetail, sehingga sebuah kejelasan terpampang dengan jelas dan setiap struktur mempunyai bagian yang dapat bertanggungjawab terhadap tugasnya.

Produk Perusahaan
Bisnis yang Anda jalankan, pasti memiliki produk atau jasa yang bisa dipromosikan atau di tawarkan. Dimana, jenis produk atau jasa tersebut menjadi faktor utama dari proposal bisnis ini. Lalu dilanjutkan dengan bagaimana proses pembuatan dari produk tersebut atau proses pelaksanaan dari service tersebut. Dari proses tersebut, pasti akan terlihat kelebihan dan keunggulan, yang bisa menjadi sebuah alasan untuk diterimanya proposal ini. Jadi, berikan juga kelebihan dari bisnis Anda tersebut, bahwa bisnis tersebut memang layak untuk dijadikan kerja sama yang saling menguntungkan.

Target Bisnis
Setiap bisnis pasti memiliki sebuah target khusus yang lebih besar untuk berkembang di pasar secara bebas atau hanya di beberapa tempat saja. Atau untuk siapa sajakah bisnis tersebut dapat diterapkan, untuk semua umur atau semua kebutuhan di setiap harinya. Ataukah hanya untuk usia dan kebutuhan tertentu saja. Berikan penjelasan yang menarik dengan sesuai fakta, karena nantinya akan dapat diketahui kebenaran dari penjelasan dalam bisnis tersebut.

Laporan Keuangan
Di sini, laporan keuangan mencakup alokasi dana, perhitungan keuntungan dan perhitungan keuntungan. Tentu saja hal ini sangat penting sebagai jaminan adanya kerjasama untuk proposal bisnis yang akan diterima pada nantinya. Jadi, usahakan keuntungan tersebut dapat terbagi rata dan tidak ada yang saling dirugikan. Bila saja nanti proposal dapat diterima, bisa jadi terdapat beberapa penawaran dalam kerja sama tersebut. Sehingga, buatlah semenarik mungkin untuk mendapatkan keuntungan yang benar-benar rata.

Penutup
Bagian ini dapat Anda cantumkan kesimpulan dari proposal Anda dan ucapan terima kasih. Bagian ini pun tidak boleh ditinggalkan karena Anda bisa menuliskan beberapa harapan untuk dapat bekerja sama dengan pihak tersebut. Dan perlu Anda ketahui bahwa menjalin kerja sama tidaklah mudah, maka, berikanlah sebuah penutup yang sopan.

Beberapa bagian tersebut menjadi komponen yang harus ada di sebuah proposal bisnis. Di sini, seperti yang kita tahu bahwa tidak semua pihak dapat bersedia untuk bekerja sama. Untuk itu, pilihlah pihak yang dapat bekerja sama dengan baik. Seperti memiliki sebuah hubungan kerja yang baik, tidak harus satu bentuk dalam usaha yang akan dilakukan. Di mana, setiap pihak tidak menjamin sebuah kerja sama, maka Anda pun bisa mencari pihak lainnya untuk mendapatkan kerja sama yang saling menguntungkan satu sama lain.

Di sini, Anda harus mendapatkan konfirmasi sehingga tidak menunggu lama tanpa kepastian. Dalam artian Anda yang harus lebih aktif untuk mendapatkan kepastian dari proses proposal tersebut. Bila pun nantinya Anda harus memberikan presentasi, siapkan bahan presentasi yang bagus dan lengkap. Usahakan semua yang ada dalam bisnis Anda, berada dalam proposal dan atau pada presentasi tersebut.

Desa Mulyasari Karawang

Anda sebagai pebisnis atau sedang ingin mengembangkan bisnis, dapat melalui sebuah proposal. Karena, dengan proposal bisnis dapat membantu Anda untuk menjalin sebuah hubungan kerja yang baik dan lebih bisa mengembangkan sebuah bisnis atau usaha, yang mana usaha Anda belum memiliki sebuah popularitas. Dengan sebuah kerjasama, Anda bisa mendapatkan sebuah peluang yang besar untuk mendapatkan popularitas dan juga keberhasilan dan kesuksesan dari usaha yang Anda lakukan tersebut.

Namun, dalam membangun usaha tersebut, harus diimbangi dengan sebuah kualitas dan kuantitas, sehingga memang layak untuk dijadikan sebuah kerja sama oleh pihak lain. Dan untuk itu, berikan juga penjelasan yang mencakup semua komponen bisnis Anda. Di sini, Anda bisa membuat beberapa proposal untuk diajukan kepada beberapa pihak yang terpercaya. Jadi, bukan hanya satu proposal saja, hal ini untuk memberikan antisipasi apabila satu proposal tidak diterima. Jadi, terdapat kemungkinan lain untuk dapat melanjutkan kerjasama dengan pihak lainnya.
Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)