Cara Menanam Tebu Telur Ikan (Turubuk)

Desa Mulyasari
0
Desa Mulyasari (Karawang) - Tebu telur ikan atau yang dikenal sebagai turubuk (Jawa Barat) memiliki nama ilmiah Saccharum edule (Saccharum spontaneum var. edulis). Tanaman yang satu ini sekilas mirip tebu dan cukup banyak ditemui di beberapa daerah baik di dataran tinggi maupun dataran rendah.

Tebu telur ini terbilang mudah untuk ditanam atau dibudidayakan. Anda dapat menanamnya langsung di tanah atau di pot khusus. Berikut ini panduan cara menanam tebu telur ikan.

Cara Budidaya Tebu Telur Ikan (Turubuk)


Ada dua cara untuk membibitkan tebu telur (turubuk) yaitu dengan cara menanam batang (stek) atau dengan cara menanam tunas. Kedua cara ini sama-sama efektif untuk memperbanyak tebu telur ikan. Hanya saja cara pertama (stek) sebaiknya jangan dilakukan pada musim kemarau.

Cuaca yang kering pada umumnya akan membuat batang tebu ikut mengering dan mati kecuali Anda bisa memastikan selalu menyiraminya setiap hari.

turubuk

Cara kedua yaitu dengan menanam tunas tebu telur ikan, biasanya pada bagian batang turubuk yang telah dipanen akan tumbuh tunas baru. ANda hanya perlu memotong setiap tunas dan menanamkannya langsung di tanah atau di dalam pot.

Pastikan selalu menyirami bibit yang sudah ditanam sampai akarnya benar-benar tumbuh dengan cukup kuat.

Supaya lebih jelas, Anda bisa melihat langsung bagaimana tutorial atau panduan menanam tebu telur ikan ini.



Bagaimana? Semoga video di atas dapat menginspirasi kita semua dan cukup memberikan informasi untuk Anda yang baru akan menanam tebu telur ikan di pekarangan rumah. 

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)