Pengertian, Tujuan, dan Jenis-Jenis Koperasi

Info Absurditas Kata
0
Desa Mulyasari (Karawang) -  Koperasi bila mendapatkan peran yang maksimal dapat dikatakan sebagai ruh dari perekonomian bangsa. Koperasi tidak sekadar lembaga bisnis, di dalamnya ada nilai-nilai yang melampaui hal-hal ekonomi belaka, misalnya gotong-royong, kebersamaan, dan keadilan.

Dengan sederhana koperasi merupakan sistem andal yang bisa dijalankan untuk meningkatkan berbagai aspek kehidupan sosial, tidak sekadar terbatas pada sisi ekonomi saja. Hanya saja peran koperasi masih butuh waktu agar bisa lebih mengakar dan menjadi basis-basis unggulan di berbagai sektor.


Apakah mendirikan koperasi itu sulit? Sebenarnya tidak begitu sulit, terlebih saat ini pembentukan koperasi telah bisa dilakukan secara online. Cara mendirikan koperasi di Indonesia terbilang cukup mudah karena persyaratan yang harus dipenuhi tidak terlalu banyak, akan tetapi saringkali aspek idiologis dari pendirian koperasi dikesampingkan. padahal dalam konteks koperasi Indonesia bagian inilah yang sangat penting.

Bagaimana cara mendirikan koperasi yang baik? hal pertama yang harus diketahui adalah pengertian koperasi, tujuan koperasi, dan jenis koperasi.

Pengertian Koperasi
Kata Koperasi berasal dari Bahasa Inggris cooperative yang berarti kerjasama. Jadi pengertian koperasi secara sederhana adalah organisasi atau perkumpulan orang yang bergabung secara sukarela dan mempunyai tujuan sama dalam memenuhi kebutuan serta salang bekerjasama. 

Koperasi merupakan sebuah badan usaha yang memiliki anggota dan setiap orangnya memliki tugas dan tanggung jawab masing-masing yang memiliki prinsip koperasi dan berdasar pada ekonomi rakyat sesuai dengan asas kekeluargaan yang tercantum pada Undang Undang Nomor 25 tahun 1992. 

desa mulyasari, ciampel, karawang

Koperasi seharusnya mempunyai Badan Hukum, tetapi jika tidak mempunyai badan hukum akan disebut sebagai Pra-koperasi.

Tujuan Koperasi

Koperasi tetap memiliki tujuan dimana tujuan tersebut dititik beratkan pada kepentingan para anggota dan bukan menimbun kekayaan sendiri. Berikut ini adalah tujuan koperasi, bukan hanya untuk anggota melainkan juga untuk para konsumennya atau pelanggan.
  • Bagi produsen, ada keinginan untuk menawarkan barang dengan harga yang cukup tinggi.
  • Bagi konsumen, ada keinginan untuk memperoleh barang baik dengan harga yang lebih rendah
  • Sedangkan bagi usaha kecil, ada keinginan untuk mendapatkan modal usaha yang ringan dan mengadakan usaha bersama.
Aneka Jenis Koperasi
Koperasi menurut usahanya dapat di bedakan menjadi:
  • Koperasi Produksi Contoh : koperasi pertanian, koperasi susu ( peternak), Koperasi batik dll
  • Koperasi KonsumsiContoh: Koperasi yang mengusahakan swalayan, toko dll
  • Koperasi Jasa, Koperasi yang mengusahakan bisnis trasportasi misalnya :kopata, kobutri. Koperasi simpan pinjam dll
  • Koperasi Serba UsahaKoperasi yang mempunyai banyak usaha
Sebenarnya masih banyak macam-macam koperasi berdasarkan pengelompokan-pengelompokan yang lain. Bagaimana cara mendirikan koperasi? Akan kita bagikan dalam artikel berbeda :)

Referensi:
http://www.koperasi.net/2015/10/cara-mendirikan-koperasi.html
http://genggaminternet.com/pengertian-koperasi-tujuan-fungsi-dan-jenis-koperasi/
Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)