Siapa Bilang Hidroponik itu Mahal? Anda Harus Coba Hidroponik Meriah

Info Absurditas Kata
0
Desa Mulyasari (Karawang) - Teknik hidroponik sebenarnya tidak memakan banyak biaya dan bisa digeluti oleh semua orang di rumah masing-masing, terutama oleh mereka yang memiliki lahan sempit. Cara hidroponik sederhana ini harus Anda coba.

Hidroponik tidak melulu harus memakai bahan-bahan berbiaya mahal, semua perlengkapan hidroponik bisa dibuat sendiri dan biayanya jauh lebih murah. Perlengkapan standar hidroponik yang harus Anda miliki adalah sebagai berikut: Mesin bor, paralon 3 inchi, sekam bakar, bibit, vitamin tanaman, kain penyerap air.

Mesin bor dan paralon merupakan perlengkapan yang harganya paling mahal. Tapi itu bukan masalah, Anda bisa mengganti paralon dengan botol plastik bekas, sehingga Anda tidak perlu keluar biaya. Botol bekas bisa dicari di sekitar, keuntungan memakai botol bekas ini selain gratis Anda juga tidak memerlukan mesin bor untuk melobanginya, cukup memakai gunting atau pisau saja yang sudah tersedia di dapur.

Teknik Hidroponik Murah dengan Hasil Maksimal

Mari kita mulai saja, bagaimana melakukan penanaman hidroponik secara murah dan hasilnya tetap maksimal. Pertama Anda hanya butuh botol bekas sebanyak-banyaknya, kemudian semua perlengkapan yang telah saya sebutkan di atas (kecuali paralon dan mesin bor). Maka rincian biayanya akan menjadi seperti berikut ini:
  • Botol plastik bekas Rp.0
  • Gunting dan pisau, Rp.0
  • Sekam bakar Rp. 5.000
  • Bibit Tanaman Rp.0
  • Vitamin Rp. 10.000
  • Kain Penyerap Rp. 0
Anda hanya butuh membeli sekam bakar saja, itu pun sangat murah. Harga lima ribu rupiah itu untuk 1 karung sekam yang belum bakar. Anda bisa membakarnya sendiri (lihat video cara membuat sekam bakar sederhana) Hasilnya cukup untuk membuat hidroponik di sekitar rumah. Kalau Anda beli sekam bakar yang sudah jadi, lima rupiah hanya untuk 5kg sekam bakar.

desa mulyasari karawang, berita karawang terbaru

Gunting dan pisau tidak perlu membeli yang baru, gunakan saja yang ada di rumah. Bibit tanaman pun bisa memanfaatkan bibit yang ada di dapur, misalnya tomat atau cengek. Vitamin pun bisa membuat sendiri, karena prosesnya cukup rumit, Anda bisa membelinya di toko bibit-bibitan terdekat. Harganya pun cukup murah dan variatif, kita memakai yang Rp. 10 ribu per 500ml.

Kain penyerap tidak perlu membeli yang baru, Anda bisa memanfaatkan perca di rumah yang memiliki sifat menyerap air. Sekarang Anda silakan lanjut menonton tutorial videonya di link ini Hidroponik Sederhana Memakai Botol Bekas.



Setelah menyaksikan sendiri cara hidroponik murah di atas, sekarang waktunya untuk Anda membuat hidroponik sendiri di rumah. Yuk hijaukan rumah kita. 
Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)